Tundra

Friendship, Hope and Human Being

Lari Pagi di Car Free Day Sudirman – Thamrin

4 Comments

Minggu pagi tadi seperti biasa saya lari pagi dari FX Sudirman sampai Bundaran HI terus disambung ke Perempatan Sarinah dan kembali lagi ke Bundaran HI. Jarak yang ditempuh sekitar 6 km. Lari di Minggu pagi biasanya saya lakukan bersama teman-teman Indo Runners, satu komunitas lari terbesar di Indonesia. Lari bareng bersama teman-teman merupakan hal yang menyenangkan. Biasanya rute regular di Minggu pagi adalah start jam 06.30 WIB di depan FX Sudirman ke Bundaran HI dan kembali ke FX Sudirman, jaraknya sekitar 9 km. Namun kadangkala rutenya bisa berubah sesuai keinginan dan kemampuan peserta. Biasanya setelah sampai di Bundaran HI kita foto-foto dulu dan diupload di Facebook/Twitter Group Indo Runners. Acara lari bareng di Minggu pagi dinamakan Sunday Morning RUn (SMR). Selain acara SMR Indo Runners juga mempunyai acara lari bareng di Kamis malam yang rutenya mulai dari lobby FX Sudirman – Parkir Timur Senayan – GBK – FX Sudirman, jaraknya sekitar 5 km. Kumpulnya mulai jam 19.00, jam 19.30 pemanasan, jam 20.00 mulai lari. Acara lari Kamis malam ini dinamakan Thursday Night Run (TNR).

  

Foto bersama di GBK pada Thursday Night Run (TNR) (Sumber : Indo Runners).

Foto bersama di Bundaran HI pada Sunday Morning Run (SMR)(Sumber : Ninit Yunita).

Setelah lari di CFD tadi saya jalan-jalan di sekitar Bundaran HI dan mampir di Jl.Sumenep Menteng  (sebelah Kedubes Jerman)  untuk sarapan. Jl. Sumenep pada acara CFD berubah menjadi pasar kaget karena banyaknya pedagang dadakan yang menggelar dagangannya. Selain pedagang makanan ada juga pedagang kaos olahraga dan onderdil sepeda. Di sana juga ada counter air isi ulang gratis dari sebuah perusahaan.

Selesai sarapan saya lanjutkan melihat acara talk show yang diadakan Dinas Perhubungan di persimpangan jalan dekat GI. Acara talk show ini sering diadakan setiap CFD dengan topik yang berbeda. Pada saat itu topiknya  “Revitalisasi Transportasi Umum atau Pembuatan 6 Ruas Jalan Tol, Pilih Mana?” Nampaknya banyak yang tidak setuju pembuatan 6 ruas jalan tol dan disediakan kain putih untuk menyatakan penolakan dan tanda tangan. Saya termasuk yang membuat pernyataan penolakan. Setelah diskusi mengenai masalah tersebut, talk show dilanjutkan dengan topik “Rumah Tangga Tanpa Rokok” yang diadakan oleh Komnas Ham Perempuan yang pada pagi itu juga mengadakan aksi Stop Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak-anak. Sebelumnya di Bundaran HI sekelompok orang melakukan tarian Gangnam Style untuk mendukung aksi tersebut. Sekilas saya lihat yang menari tersebut sebagian besar polwan.

Setelah mendengar talk show saya berniat pulang naik bus Trans Jakarta dan berjalan ke halte Bundaran HI. Ketika sedang berjalan, di depan saya ada dua  bapak-bapak pesepeda sedang dipotret temannya dengan HP. Ketika saya sampai dekat mereka, bapak yang memegang HP tersebut minta tolong pada saya untuk memotret mereka bertiga. Ketika saya sedang siap-siap memotret, salah satu bapak itu bertanya : “Sepedanya mana?”. Saya jawab : ” Saya lari pak.” Bapak itu berkata : “Wah kalau lari berat.” Saya jawab : “Larinya dekat-dekat saja pak.”

Lari kok berat sih pikir saya selama jalan ke halte Trans Jakarta Bundaran HI. Mungkin bagi yang belum pernah olahraga lari atau jarang lari memang terasa berat. Saya pertama kali lari di jalan ketika ikut acara lomba lari Jakarta International 10k Minggu, 20 Mei 2012. Sebelumnya saya belum pernah ikut acara lomba lari. Start di Monas jam 06.00 WIB.  Ketika mulai lari baru sampai depan gedung BI sudah kecapekan dan jalan kaki. Lari lagi beberapa meter dan berhenti. Akhirnya jarak 10 km saya tempuh selama dua jam lebih. Setelah acara lomba lari tersebut saya ikut bergabung acara lari bareng Indo Runners pada Kamis malam. Sejak ikut lari bareng Indo Runners kemampuan lari saya meningkat. Walaupun pada saat awal lari setelah lari kaki pegal-pegal dan sakit. Tapi setelah enam bulan rutin ikut acara TNR dan SMR Indo Runners masalah pegal dan sakit tidak terasa lagi. Malah untuk rencana ke depan saya ingin ikut lomba lari Bali Marathon 2013.

Mari Lari!

4 thoughts on “Lari Pagi di Car Free Day Sudirman – Thamrin

  1. terus tebarkan semangat mas! salut!!!

  2. Wah keren, ditunggu tulisannya yang lain ya🙂
    Btw, yang waktu ke Surabaya, sayang saya belum disana yah, hehehe…

    • Thanks Ramadlan. Ditunggu juga tulisannya.🙂
      Betul, kalo nggak kan bisa lama di Surabaya. Rencananya tahun depan sekitar bulan April mau ikut Bali Marathon 2013, perginya mungkin jadi backpacker lagi, nanti saya mampir deh ke Madura.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s